Berikut ini akan diuraikan tentang cara posting listing properti, mulai dari login/register, melengkapi biodata, sampai dengan membuat listing properti. Sebelum menyimak tutorial ini, sebaiknya anda telah membaca tentang Syarat & Ketentuan Posting Listing Property terlebih dahulu.

Baik, mari kita mulai mensimulasikan cara memposting listing property seperti uraian di bawah ini:

Dimulai dengan tombol klik jual property. Dalam hal ini, kita mengklik tombol jual property dari halaman home, seperty di bawah ini. Silakan klik tombol Jual Property, yang ditunjuk oleh panah berwarna orange.

Setelah klik tombol Jual Property, kita akan dibawa ke halaman login, seperti gambar di bawah ini. Jika kita telah terdaftar sebagai agen, maka silakan isi nama pengguna atau alamat email, dan sandi (password).

Jika kita belum terdaftar sebagai agen, maka silakan klik tulisan Daftar di bawah tombol Log Masuk. Maka kita akan dibawa ke halaman Daftar dengan tampilan seperti di bawah ini. Untuk mendaftar (register), kita diminta mengisi

  • Nama pengguna
  • Email
  • Password
  • Confirm Password

Setelah itu kita klik Daftar

Setelah kita klik tombol Daftar, akan muncul kotak dialog seperti di bawah ini. Di sini tertera tulisan “Pendaftaran selesai. Silakan periksa email anda, kemudian kunjungi laman login.”

Ketika kita cek email, yang masuk adalah email tentang pemberitahuan link untuk mengatur ulang password kita. Tapi karena sebelumnya kita sudah membuat password, maka email ini bisa diabaikan saja. Selanjutnya kita klik laman login sesuai petunjuk di kotak dialog tersebut. Maka kita akan diarahkan masuk ke halaman posting property baru seperti gambar di bawah ini. Ini adalah halaman untuk mulai memposting property.

Tapi sebelumnya, kita perlu tahu cara masuk untuk posting property dari halaman lain. Kita akan mengklik tombol Jual Property, yang ada di semua halaman di luar halaman home, seperti contoh di bawah ini. Kita akan mengklik tombol Jual Property yang ada di sudut kanan atas.

Setelah mengklik tombol Jual Property, kita akan dibawa ke halaman Login (popup), tapi tampilannya berbeda dengan yang sebelumnya. Namun intinya sama.

Jika anda belum mendaftar sebagai agen property, silakan klik Buat Akun bertuliskan warna merah. Maka akan masuk ke halaman daftar/register seperti gambar di bawah ini. Form isiannya sama, yaitu :

  • Nama pengguna
  • Email
  • Password
  • Confirm Password

Setelah mengisi semua field formulir, kita klik SignUp. Sama dengan cara Jual Property yang pertama, yaitu kita akan dibawa ke halaman posting (tambah) property baru, seperti gambar di bawah ini.

Jika anda sudah berhasil mendaftar/register, artinya anda sudah menjadi agen properti di website Cheribon Property. Anda dapat mulai memposting listing property. Tapi admin mewajibkan bagi agen untuk melengkapi biodata yang diperlukan sebelum mulai memposting listing property.

Untuk menuju form isian biodata agen properti, silakan klik tulisan Profil di sebelah kiri. Maka akan tampil form isian biodata yang perlu diisi. Berikut data yang harus diisi :

  • Nama Pengguna (wajib, sudah dibuat waktu daftar/register, tidak boleh berubah)
  • Nama Depan (wajib)
  • Nama Belakang (wajib)
  • Tampilkan nama publik sebagai (wajib, harap ditampilkan nama sebenarnya)
  • Email (wajib)
  • Situs web dan media sosial (tidak wajib diisi)
  • Photo Profile (harap upload foto asli, bukan foto orang lain)
  • No. Whatsapp (harap perhatikan format penulisan No. WA nya)
  • No. Telpon (harap perhatikan format penulisan No. Telp/HP nya)

Gambar di bawah adalah scroll ke bawah tentang data tambahan agen yang perlu diisi. Pada isian unggal foto profile, agar mengupload foto asli. Dan pada isian No. Whatsapp dan Telpon, mohon mengikuti format penulisan yang ditentukan.

Gambar di bawah ini telah sampai pada akhir data yang harus diisi. Setelah semua field pada form diisi, maka silakan klik tombol Perbarui Profil. Maka semua data telah terbarui. Nama dan foto agen akan tempil pada postingan listing property. Dan akan terhubung dengan WA agen jika diklik tombol Whatsapp Agent.

Setelah selesai mengisi data-data agen, kita mulai untuk memposting listing property. Silakan klik tulisan Property > Tambah Baru.

Kita akan dibawa pada halaman Tambah Property Baru. Langkah pertama tentu saja kita buat judul postingan listing property. Buatlah judul yang singkat dan menarik, tapi juga jangan terlalu bombastis.

Pada gambar di bawah ini, tanda panah paling atas menunjukkan area untuk menuliskan deskripsi atau rincian tentang properti yang dijual atau disewakan. Tuliskan deskripsi properti dengan data yang benar, jelas dan tidak menimbulkan persepsi yang berbeda.

Di kolom sebelah kanan, pilihlah tipe atau jenis properti yang ditawarkan (gudang, kost, ruko, rumah, tanah atau villa). Dan di bagian kanan bawah, pilihlah lokasi propertinya ada di mana.

Scroll ke bawah, kita akan lihat isian jumlah kamar tidur dan jumlah kamar mandi. Pilihlah sesuai kondisi sebenarnya.

Scroll ke bawah lagi, di sebelah kanan ada isian untuk mengupload gambar andalan (featured image). Maksudnya, ini adalah gambar (thumbnail) yang akan terlihat pada daftar listing property. Jika anda telah menyiapkan beberapa gambar pada listing property, pilihlah gambar yang paling menarik dan paling mewakili. Dan gunakan gambar dengan resolusi yang baik.

Dan di bagian bawah, ada dua hal. Yang pertama, apakah subjek property itu Dijual atau Disewa? Pilihlah yang sesuai. Dan pada tombol merah di sebelah kanannya, nanti akan digunakan jika properti telah terjual. Jika nanti properti telah terjual, klik tombol merah tersebut. Dengan demikian, listing propertinya akan ditandai dengan tulisan Terjual.

Lanjut scroll ke bawah, kita akan fokus di isian bagian kiri. Di baris pertama, ada harga jual dan harga sewa. Jika sebelumnya kita telah memilih Dijual, maka pada harga jual akan berwarna putih, yang berarti field ini yang harus diisi. JIka kita pilih Disewa, maka pada harga sewa akan berwarna putih. Cara penulisan angka harga, jika harga 100 juta, maka kita tuliskan 100.000.000.

Di bawahnya ada pilihan apakah harga fix atau harga nego. Pilihlah yang sesuai.

Kemudian alamat property, harap diisi dengan alamat yang lengkap dan jelas, termasuk RT/RW dan kode pos. Untuk lokasi koordinat, tidak perlu diisi, karena nanti calon pembeli akan dapat langsung minta informasi dari agen/penjual.

Berikutnya, pada beberapa isian berikut, isilah dengan data yang benar sesuai kondisi riil.

  • Jenis Sertifikat : SHM atau HGB
  • Luas Tanah : berapa m2
  • Luas Bangunan : berapa m2
  • Jumlah Lantai : 1, 2 atau 3 lantai, atau lebih.
  • Daya Listrik : 900 VA, 1300 VA, 2200 VA, atau 3300 VA, atau lebih.
  • Sumber Air : Air sumur atau PDAM

Lanjut scroll ke bawah, isian Video Paket Tour dan Gambar Featured ini tidak perlu diisi.

Lanjut lagi scroll ke bawah. Nah, Gallery Slide ini yang paling penting, karena berisi foto-foto properti yang ditawarkan. Yang akan menjadi pertimbangan bagi calon pembeli untuk menghubungi agen/penjual untuk mencari informasi lebih lanjut.

Harap upload gambar/foto dengan pengambilan angle yang bagus dan dengan resolusi yang baik. Jumlah foto yang ideal adalah 5 foto, cukup memberikan gambaran yang lengkap. Bagian rumah/properti yang cukup mewakili untuk ditampilkan di foto adalah tampak depan, teras, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan dapur.

Upload gambar gallery slide di atas adalah langkah terakhir dalam membuat psoting listing property. Setelah semua terisi dan terupload dengan benar, silakan klik tombol Kirimkan untuk Ditinjau di sebelah kanan kolom judul listing property.

Ya, biasanya setelah menyelesaikan postingan wordpress adalah Publish atau Terbitkan. Tapi di sini adalah Kirimkan untuk Ditinjau atau Submit to Review, karena memang setiap postingan listing property akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin, sebelum diterbitkan. Setelah ini, agen tinggal menunggu moderasi oleh admin, sekitar 1-2 hari setelah klik tombol tersebut, tergantung dari banyaknya postingan yang masuk pada hari tersebut.

——————————————————————————————————————-

Nah, jika anda siap untuk memposting listing properti anda, silakan klik tombol di bawah ini, dan ikuti langkah seperti tutorial di atas :

Post Listing Property